Cupang Adu Betta Taeniata

Cupang Adu Betta TaeniataCupang Adu Betta Taeniata yang disebut juga banded betta memiliki bentuk tubuh pipih. Pada sisi tubuhnya terdapat dua garis horizontal berwarna kuning kecoklatan. Ikan cupang adu betta taeniata merupakan jenis ikan cupang mouthbrooder. Tubuhnya berwarna kuning kehijauan. Sirip anal pendek dengan warna bening. Sirip insang bening. Sementara sirip perut dan sirip ekornya kuning transparan dengan aksen biru tua pada tepinya. Kepalanya berbentuk pipih pendek. Di bagian penutup insang terdapat dua garis horizontal mulai dari bibir sampai pangkal sirip insang. Cupang ini hidup di air dengan pH 7, suhu 25º C, dan kesadahan 8º HD.

Cupang adu betta taeniata hidup di sungai kecil, selokan dan perairan rawa. Lokasi penyebarannya di Asia Tenggara: Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatra dan Kalimantan.

Betta taeniata jantan lebih besar dan berwarna cerah dibanding betina, dengan moncong lebih kuat dan bulat. Selama pemijahan, garis-garis longitudinal tubuh menjadi lebih tajam dan muncul bintik hijau terang (jika pejantan menginkubasi telur, maka tubuhnya berwarna coklat). Betta taeniata betina selama musim pemijahan berwarna warna cokelat muda. Betta teniata dapat tumbuh sampai 8 cm.

2 comments:

  1. kalo ini ikan cupang bencong gan,gak diminati gan.

    ReplyDelete
  2. Betta Taeniata, emang salah satu cupang alam gan... jadi rata2 cuma untuk hiasan aquarium aja

    ReplyDelete