Prospek Bisnis Ikan Cupang

Prospek Bisnis Ikan Cupang
Apabila ingin dibuatkan segmentasi, bisnis ikan cupang dapat dibagi menjadi dua, yaitu pembenihan dan pembesaran. Mereka yang memilih pembibitan sangat berharap pada penjualan burayak. Umumnya burayak dipelihara dalam satu kolam dengan populasi 60-70 ekor. Hanya dalam waktu 1 bulan, burayak cupang sudah bisa dijual dengan harga minimal Rp 150.000 perkolam (tahun 2000). Harga burayak cupang akan semakin mahal jika indukan dikenal sebagai indukan unggul.

Burayak dapat dijual pada mereka yang memilih segmen usaha pembesaran. Selang tiga bulan dipelihara, harga jualpun meningkat mulai dari Rp 2.000 - Rp 8.000 per ekor. Dari segi bisnis usaha pembesaran ikan cupang ini sunggu menarik. Hanya bermodal kolam seluas 3m persegi sudah bisa menghasilkan keuntungan setengah juta rupiah. Itupun sudah diperhitungkan mortalitas ( angka kematian ) sebesar 20% dari total populasi cupang 150 ekor/kolam.

Detail mengenai cara membudidayakan ikan cupang, pemilihin iduk cupang, dan pemasaran cupang kualitas ekspor akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya.

Bagaimana, anda tertarik untuk berbisnis ikan cupang?

0 comments:

Post a Comment