Ciri dan Perilaku Ikan Cupang Mouthbrooder

Ciri dan Perilaku Ikan Cupang Mouth Brooder. Perilaku cupang adu jantan yang termasuk dalam jenis mouthbrooder ini ialah memunguti telur yang sudah terbuahi dan memasukkannya dalam mulut sampai menetas. Biasanya telur di dalam mulut jantan ini membutuhkan waktu tiga hari hingga menetas.

Ciri dan Perilaku Ikan Cupang Mouthbrooder
Sebelum menetas, cupang jenis mouthbrooder jantan berpuasa dan menghindari kontak fisik dengan jantan lain. Begitu menetas, anak-anaknya segera dikeluarkan dari mulut di permukaan air. Walaupun sudah dikeluarkan dari mulut, induk jantan tersebut tetap berjaga-jaga melindungi anaknya. Jika ada bahaya, anak-anaknya segera dimasukkan kembali kedalam mulutnya.

Setelah berumur satu minggu, anak-anak cupang sudah bisa mencari makan sendiri. Bila ada bahaya, induk jantan sudah tidak lagi melindungi anak-anaknya dengan cara memasukkannya ke dalam mulut, tetapi hanya sekedar berjaga-jaga di dekatnya. Perilaku mouthbrooder ini dilakukan induk jantan hingga umur satu bulan.

Betta Pugnax, Betta Taeniata, Betta Macrostoma, Betta Unimaculata, Betta Picta, Betta Anabantoides, Betta Adithae ( Betta Brederi ) dan Betta Foerschi adalah merupakan sebagaian dari jenis cupang adu yang berkembang biak dengan cara Mouthbrooder.

2 comments:

  1. jenis apa aja ya yg termasuk cupang mouthbreeder, gan?

    ReplyDelete
  2. bisakah jenis bublenest dipijah dengan mouthbrooder?

    ReplyDelete