Lingkungan Hidup Ikan Cupang

Lingkungan Hidup Ikan Cupang

Lingkungan Hidup Ikan Cupang, Ikan Cupang dikenal sebagai ikan yang sanggup hidup ditempat yang kandungan oksigennya sangat kurang. Ditempat sempit seperti toples kecil untuk kue ataupun botol bekas berbentuk agak cembung sudah memadai untuk hidupnya. Bahkan, cupang pun dapat hidup baik di air kotor dan air berkadar oksigen terlarut sangat sedikit. Di tempat-tempat tersebut cupang tidak memerlukan aerator karena kesanggupannya menyerap oksigen dari udara sangat baik. Kesanggupannya tersebut dimungkinkan karena ikan cupang memiliki rongga labirin ibarat paru-paru pada manusia. Itulah sebabnya ikan cupang dan kerabatnya sanggup hidup ditempat yang kadar oksigen terlarutnya sedikit.

Di habitat aslinya cupang hidup berkoloni atau berkelompok secara damai sehingga dikenal sebagai peaceful betta. Daerah sebarannya sangat luaas, yaitu meliputi seluruh wilayah Asia Tenggara. Bahkan ada juga jenis cupang yang hidup di Afrika seperti spesies Pseudospharamanus Cupanus yang terdapat di sungai-sungai kecil di wilayah Zaire.
koloni ikan cupang
Di alam, cupang hidup di air bening yang mengalir perlahan dalam suasana sejuk. Tak heran kalau cupang banyak dijumpai hidup berkelompok atau berkoloni di sungai yang dinaungi pepohonan rindang. Kalau air tempat hidupnya itu diukur derajat keasamannya maka akan diperoleh angka pH 6,5-7,2. dan suhu air antara 24-30 derajat celsius. Pembahasan mengedai air untuk ikan cupang akan dilanjutkan di postingan berikutnya.

0 comments:

Post a Comment